Pemandian Air Panas Cimanggu

Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas Cimanggu


Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas Cimanggu adalah salah satu Tempat Wisata Di Bandung dengan luas 154 ha serta blok pemakaian 65 ha menurut administrasi pemeritahan terhitung lokasi Desa Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten DT II Bandung. Dilihat dari sisi pengelolaan hutannya terhitung Resort KSDA Cimanggu, sedang lokasi pengelolaan Perum Perhutani terhitung RPH Cimanggu, BKPH Ciwidey serta Tambak Ruyung Timur, KPH Bandung Selatan.


Pemandian Air Panas Cimanggu
Pemandian Air Panas
Menurut klasifikasi Scmidt serta Ferguson, Cimanggu serta sekitarnya terhitung jenis iklim B dengan curah hujan rata-rata 3. 743 – 4. 046 mm per th. dengan bln. kering optimal 4 – 3 bln. kering, bln. kering minimum 1, 6 – 2, 1 sedang untuk bln. basah optimal sebesar 12 serta bln. basah minimum 8, 7 – 9, 4 dan kelembapan hawa 90 %.
Situasi lapangannya biasanya bergelombang dengan kemiringan 3% - 5% serta ada pada ketinggian 1. 225 – 1. 350 mtr. dari permukaan laut. Puncak Gunung Patuha/Gunung Sepuh dengan ketinggian 2. 434 dpl.

Potensi Wilayah
Lokasi Tempat Wisata Di Bandung TWA Pemandian Air Panas Cimanggu yang terhitung kedalam jenis hujan tropis dataran tinggi mempunyai pohon yang cukup banyak macamnya yakni salah satunya : puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsa), gunakan (Querqus sp), kihujan (Engelhardia serrata), kitembaga (Eugenia cuprea), saninten (Castanopsis argentea), baros (Magleatea glauca).

Pemandian Air Panas Cimanggu
Air Panas Cimanggu
Tak hanya rimba alam juga ada rimba tanaman rasamala yang penanamannya diawali mulai sejak th. 1937, pinus ditanam th. 1965 serta kayu putih (Eucalyptus), ditanam th. 1985 – 1988. 
Juga sebagai ciri dari hujan tropis, beberapa jenis epifit danl iana dan sebagian type anggrek bisa batang-batang pohon, diantaranya anggrek kadaka (Drynaria spp), Anggrek Japati (Phalaenopsis spp), serta kumpai (Lycopodium carimatum). Liana yang ada pada lokasi ini sebagian besar berkayu dan memiliki batang yang panjang, besar serta memanjat hingga tajuk-tajuk pohon.

Dengan beragam macam floranya, lokasi taman wisata alam Cimanggu adalah habitat yang pas untuk kehidupan satwa-satwa liar. Type satwa liar yang bisa didapati pada lokasi ini diantaranya : Surili (Presbytis comata), babi rimba (Sus Vitatus), rusa (Cervus timorensis), kancil (Tragulus javanica), macan kumbang (Panthera pardus), kijang (Muntiacus muntjak), ayam rimba (Galus gallus serta g. varius). Sedang beberapa jenis burung yang bisa didapati diantaranya burung belibis (Dendro sygna javanica), tekukur (Sreptopelia chinensis), gagak (Carpus enca), dan burung pipit (Lonchura leucogastroides).

Potensi Wisata
Tempat Wisata Di Bandung atau wisata alam yang ada di dalam lokasi TWA Cimanggu, salah satunya yaitu :
Sumber Air Panas : ada sumber air panas yang bisa jadikan juga sebagai daya tarik sendiri untuk aktivitas wisata. Sumber air panas di taman ini ada dilokasi yakni : sumber Pemandian Air Panas Cimanggu, Ranca Upas serta Gunung Tuduh.
Mandi air panas bisa dikerjakan di Pemandian Air Panas Cimanggu serta untuk berobat di ranca upas. Konon menurut narasi sumber air panas itu bersumber dari Gunung Sepuh (Gunung Patuha) yang jauh letaknya.
Makam Keramat : makam keramat sangiang buruan hingga sekarang ini banyak dikunjungi beberapa orang dari daerah lain di pulau Jawa baik beberapa muda-mudi ataupun orangtua dengan maksud untuk berziarah. Di dalam makam keramat itu ada sembilan makam, salah satunya makam keramat Eyang Jagalah Reksa, makam Eyang Jambrong, makam Eyang Dalam Kusuma, makam Eyang Raden Sakembaran, makam Eyang Sanga Waringin, makam Eyang Giling Pangancing serta makam Eyang Isteri.

Harga Tiket Masuk : 
Perseorangan : Rp. 10. 000 (weekday)
Perseorangan : Rp. 12. 000 (weekend)
Perseorangan : Rp. 15. 000 (holiday)
Kendaraan roda dua : Rp. 2. 000
Kendaraan roda empat : Rp. 5. 000
Bus/Truck : Rp. 20. 000
Kolam Kamar : Rp. 10. 000/org.

Biaya Parkir : 
Roda dua : Rp. 2. 000
Roda empat : Rp. 5. 000
Bus/Truck : Rp. 10. 000

Sarana / Fasilitas : 
Tempat Istirahat/Salter
Kamar Ubah serta Toilet umum
Pondokan
Kolam Pemancingan
Outbound dan sebagainya

Untuk mengunjungi Pemandian Air Panas Cimanggu seperti di atas, kami sediakan service transportasi atau anda dapat menghubungi kami di alamat :

PT. TJP Seratour

Jl. Juanda 477
Bandung 40135
Office : 022-2535898
Irma : 0817613152/081221270000
BBM invite by E-mail : irma.rahmawati.wiyono@gmail.com
Jhon Wiyono : 0818220650/085722203000
BBM invite by E-mail : jhonwieyono@gmail.com
www.seratour.com www.buswisatabandung.com